Sejarah Dusun Jati Babah

Tersebutlah ada seorang pengembara sakti mandra guna yang sedang melakukan perjalanan untuk mencari jati dirinya. Dia bernama Singo Glodok. Singo sendiri dalam bahasa Indonesia berarti Singa sedangkan Glodok adalah petir. Petir merupakan senjata pamungkasnya sedangkan bagai Bima dengan Gada Rujak Polonya.

Dengan kesaktian yang di milikinya, dia mampu berpindah dari suatu tempat ketempat lainnya dengan sangat mudah dan cepat. Oleh karena itu, dia memilih untuk hidup berpindah-pindah selain untuk mencari jati   dirinya juga untuk memahami arti dari kehidupan.

Suatu ketika, Singo singgah disebuah hutan yang dipenuhi oleh pohon jati. Ditengah perjalanan dia menjumpai seorang wanita yang yang cantik akan parasnya dan dengan seketika membuat Singo Glodok jatuh hati padanya. Wanita tersebut bernama Nyai Dayang. Bagai gayung bersambut, sang Dayang pun juga terkesima akan sosok Singo Glodok ini, sehingga mereka memutuskan untuk hidup bersama.

Dengan kesaktian dan segala ilmu yang dimilikinya mereka mulai menebang satu-persatu pohon jati dihutan tersebut. Hanya dengan waktu yang singkat mereka mampu membuka alas yang dulunya rimbun akan pohon jati menjadi tempat yang layak untuk ditempati. Dari sinilah asal mula nama Jati Babah diambil untuk kemudian dijadikan nama sebuah dusun disuatu daerah di kecamatan Kemlagi kabupaten Mojokerto. Jati berarti pohon jati, sedangkan Babah adalah babat atau membabat.

Suatu ketika terjadi perdebatan yang sengit antara Singo dan Glodok dengan sang istri. Entah apa yang diperdebatkan, perdebatan tersebut kian lama kian memanas yang mengharuskan kedua pasangan ini untuk berpisah. Singo Glodok dengan berat hati dan persaan sedih akhirnya memutuskan untuk meninggalkan istrinya.

Singo pergi untuk bersemedi, mendekat pada Yang Maha Kuasa di gunung Pucangan di daerah Jombang. Dalam semedinya, Singo memohon agar dikuatkan dalam semedinya hingga akhir hayatnya. Sementara itu, sang istri memutuskan untuk melanjutkan kehidupannya di desa yang telah mereka dirikan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *