Sejarah Dusun Balongjati

Pada zaman dahulu kala hiduplah dua orang wanita yang memiliki peran penting dalam mendirikan suatu daerah. Mereka adalah Sartinah dan Manggar. Sartinah merupakan sosok wanita yang berparas cantik dan baik hati pendiri Jatisari, sedangkan Manggar yang terkenal akan sosoknya yang jahat adalah pendiri Balonglengis. Sesungguhnya sewaktu kecil mereka adalah sahabat yang sangat dekat dan akrab. Namun ketika mereka beranjak dewasa persahabatan mereka mulai memudar siring dengan pembagian wilayah kekuasaan yang mereka terima.

Kedua wanita tersebut pada mulanya secara bersama-sama membuka dan membabat hutan jati yang akan mereka jadikan tempat tinggal, mereka lalu membagi hutan jati tersebut menjadi dua wilayah. Setelah melakukan pembagian, mereka kemudian membuat sumur di masing-masing daerah yang telah dibagi tersebut sebagai sumber kehidupan masyarakat sekitar nantinya.

Dikarenakan memang sifat Manggar yang jahat, dia berniat menguasai seluruh wilayah yang telah mereka buka termasuk wilayah bagian Sartinah. Sartinah yang memang baik hati tidak menginginkan terjadinya perpecahan dengan sahabatnya sendiri. Mereka memutuskan untuk hidup dengan cara mereka sendiri dan bersepakat untuk tidak saling bertemu satu sama lain. Sehingga untuk menyiasati hal tersebut dengan segala ilmu yang dimilikinya Sartinah membuat baringan sebagai batas antara wilayah Jatisari yang dimiliki oleh Sartinah dan Balonglengis yang dimiliki oleh Manggar.

Beberapa abad kemudian, lahirlah seorang sosok pemimpin besar yang tampan, berwibawa dan bijaksana dari Randurejo. Pemimpin tersebut bernama R.M. Kertoaji. Ia adalah seorang pemimpin yang sangat disegani rakyatnya, sehingga tidak ada seorangpun yang berani membantah perintah sang pemimpin ini. R.M. Kertoaji sendiri menginginkan perdamaian kedua wilayah tersebut, sehingga barongan lebat yang menjadi penghalang dan batas wilyah antara Jatisari dan Balonglengis ditebang dan dibabat habis. Kemudian dijadikan satu wilayah yang diberi nama “Balongjati”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *